BMS-MINYAK – Indonesia, dengan kekayaan alam dan budayanya yang melimpah, menyajikan berbagai destinasi wisata menakjubkan. Salah satu yang telah mencuri perhatian wisatawan adalah Garut, yang juga dikenal sebagai "Kota Dodol".

Seperti yang sudah diketahui, Garut dikenal sebagai "Kota Dodol" karena merupakan pusat produksi dodol yang terkenal di Indonesia. Dodol Garut, dengan teksturnya yang kenyal dan rasa yang lezat, telah menjadi ikon kuliner khas Garut yang diincar oleh para pengunjung. Banyak wisatawan yang datang ke Garut untuk membawa pulang oleh-oleh dodol sebagai kenang-kenangan.

Selain untuk dodol khas salah satu kota di Jawa Barat ini, Garut juga terkenal dengan destinasi wisatanya. Garut dikelilingi oleh keindahan alam yang memukau, mulai dari pegunungan yang hijau hingga lembah yang subur. Keberagaman lanskapnya menciptakan pemandangan yang mengagumkan dan memberikan pengalaman unik bagi para wisatawan. Berikut 5 tempat wisata Garut hits yang wajib masuk kedalam list liburan kamu.

5 Destinasi Wisata Garut Hits

Dengan keindahan alamnya yang memukau dan keberagaman budayanya, Garut telah menjadi tujuan wisata yang paling hits di kalangan para pelancong. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa destinasi wisata paling menarik di Garut yang patut dikunjungi.

1. Wisata Garut: Kawah Darajat
Salah satu daya tarik utama Garut adalah Kawah Darajat, yang terletak di kaki Gunung Kendeng. Kawah ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dengan latar belakang perbukitan yang hijau. Pengunjung dapat menikmati udara segar sambil melihat matahari terbit atau terbenam di atas cakrawala.

Selain itu, Kawah Darajat juga dikenal dengan sumber air panasnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Wisatawan dapat merendam tubuh mereka dalam air panas alami yang memiliki kandungan mineral yang baik untuk kulit.

2. Wisata Garut: Pantai Santolo
Bagi penggemar pantai, Pantai Santolo adalah destinasi yang sempurna untuk menikmati deburan ombak dan pasir putih. Pantai ini terletak di sepanjang pesisir selatan Garut dan menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Pengunjung dapat bersantai di tepi pantai, bermain air, atau mencoba aktivitas air seperti snorkeling dan diving. Selain itu, Pantai Santolo juga terkenal dengan keberagaman kuliner lautnya, seperti ikan bakar dan olahan seafood lainnya.

3. Wisata Garut: Candi Cangkuang
Bagi pecinta sejarah dan kebudayaan, Candi Cangkuang adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari masa kerajaan Pajajaran dan terletak di tengah danau. Untuk mencapai Candi Cangkuang, pengunjung harus menyeberangi danau dengan perahu tradisional. Selain menikmati keindahan candi, pengunjung juga dapat menjelajahi area sekitar yang dipenuhi hijaunya sawah dan perbukitan.

4. Wisata Garut: Curug Orok
Curug Orok adalah salah satu air terjun yang terletak di kawasan Garut yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Air terjun ini memiliki ketinggian yang mencapai puluhan meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memberikan kesan sejuk dan alami.

Pengunjung dapat menikmati suara gemericik air dan merasakan kesegaran semprotan air dari air terjun. Curug Orok juga menjadi tempat yang populer untuk berfoto dan mengabadikan momen indah bersama keluarga atau teman-teman.

5. Wisata Garut: Kampung Sampireun
Untuk pengalaman menginap yang unik dan berbeda, Kampung Sampireun adalah pilihan yang sempurna. Kampung ini merupakan desa wisata yang menawarkan konsep penginapan tradisional Sunda.

Pengunjung dapat menginap di rumah-rumah adat yang terbuat dari bambu dengan suasana pedesaan yang tenang. Di sini, wisatawan dapat merasakan kehidupan masyarakat lokal, mencicipi kuliner khas, dan terlibat dalam kegiatan tradisional seperti tari jaipong dan mendalang.