BMS-MINYAK – Mahkota dewa merupakan tanaman asli Indonesia yang dapat ditemukan di beberapa daerah tropis seperti Papua, Kalimantan, dan Sulawesi. Nama "mahkota dewa" diberikan karena buah ini dianggap sebagai hadiah alam yang istimewa dan memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan manusia.

Buah mahkota dewa atau yang juga dikenal dengan nama buah simalakama memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan tubuh, seperti mencegah diabetes, anti-inflamasi dan masih banyak lagi. Berikut kandungan mahkota dewa dan manfaatnya bagi tubuh.

Kandungan Mahkota Dewa

Melalui penelitian ilmiah, terungkap bahwa buah ini mengandung berbagai senyawa aktif yang memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Mari kita telusuri beberapa senyawa baik yang terkandung dalam mahkota dewa.

1. Polifenol
Mahkota dewa mengandung polifenol, senyawa antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dikenal dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat oksidatif, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan perkembangan berbagai penyakit degeneratif.

2. Flavonoid
Flavonoid adalah jenis senyawa polifenol yang ditemukan dalam mahkota dewa. Senyawa ini terbukti memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan, membantu meredakan peradangan dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan.

3. Saponin
Saponin adalah senyawa yang dapat ditemukan dalam jumlah signifikan dalam buah mahkota dewa. Senyawa ini diyakini memiliki sifat antioksidan dan anti-kanker. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa saponin dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Vitamin C dan A
Kandungan vitamin C dan A dalam mahkota dewa tidak hanya memberikan rasa segar pada buah ini tetapi juga memberikan manfaat besar bagi kesehatan. Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin A penting untuk kesehatan mata dan kulit.

5. Fenolat
Fenolat adalah senyawa lain yang hadir dalam buah mahkota dewa. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas dan meredakan kondisi peradangan.

6. Asam Amino Esensial
Buah mahkota dewa juga mengandung sejumlah asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk membangun protein. Asam amino esensial ini membantu mendukung pertumbuhan sel, perbaikan jaringan, dan fungsi normal tubuh.

7. Mineral Penting
Selain senyawa-senyawa di atas, mahkota dewa juga mengandung berbagai mineral penting seperti kalium, magnesium, dan zat besi. Mineral-mineral ini mendukung fungsi normal organ tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Manfaat Buah Mahkota Dewa

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, buah ini telah lama dikenal sebagai sumber kesehatan alami yang penting. Berikut beberapa manfaat luar biasa dari buah mahkota dewa bagi tubuh manusia.

1. Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Sistem Kekebalan Tubuh
Buah mahkota dewa mengandung vitamin C dan A, dua nutrisi yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam melawan infeksi dan penyakit, sedangkan vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir, sebagai barisan pertama dalam pertahanan tubuh.

2. Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Perlindungan Sel
Kandungan polifenol dan flavonoid dalam buah ini menjadikannya sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan perkembangan berbagai penyakit kronis.

3. Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan Jantung
Buah mahkota dewa dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan saponin dalam buah ini diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan mendukung fungsi jantung yang optimal.

4. Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan Kulit
Vitamin C dalam buah mahkota dewa membantu stimulasi produksi kolagen, protein yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. Kombinasi antioksidan dan vitamin A juga berperan dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas.

5. Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Pencegahan Diabetes
Kandungan serat dalam buah mahkota dewa membantu mengatur kadar gula darah. Ini dapat bermanfaat dalam pencegahan diabetes tipe 2 dan membantu mereka yang sudah menderita diabetes untuk mengelola kondisinya.

6. Manfaat Buah Mahkota Dewa Sebagai Anti-Inflamasi Alami
Senyawa anti-inflamasi dalam mahkota dewa membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk penderita arthritis atau kondisi inflamasi lainnya.

7. Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Kesehatan Reproduksi
Beberapa studi menunjukkan bahwa buah mahkota dewa dapat mendukung kesehatan reproduksi, terutama pada pria. Senyawa dalam buah ini dikaitkan dengan peningkatan kualitas sperma dan mendukung kesehatan sistem reproduksi.

8. Manfaat Buah Mahkota Dewa Penyedia Zat Besi
Kandungan zat besi dalam buah mahkota dewa membuatnya menjadi tambahan yang baik untuk mencegah atau mengatasi anemia. Zat besi diperlukan untuk produksi sel darah merah dalam tubuh.

9. Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Keseimbangan Elektrolit
Mineral seperti kalium dan magnesium dalam buah mahkota dewa membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Ini penting untuk fungsi normal jantung, otot, dan sistem saraf.

10. Manfaat Buah Mahkota Dewa untuk Mengurangi Risiko Kanker
Kandungan senyawa antioksidan dan saponin dalam buah ini dikaitkan dengan potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian masih dalam tahap awal, tetapi hal ini menunjukkan potensi mahkota dewa dalam pencegahan kanker.