BMS-MINYAK – Baru-baru ini The Queen of Ambyar, Happy Asmara mengunggah foto liburannya di Eropa bersama rombongan selebriti lainnya. Di momen tersebut terlihat jelas gadis pelantun lagu “Bahagiamu” ini menikmati hawa dingin serta pemandangan gunung yang bersalju.

Karena berlibur ke Eropa, kabarnya momen tersebut menjadi kali pertama dia menyaksikan dan merasakan salju secara langsung. Dan outfit yang dikenakannya saat berlibur menuai banyak sorotan netizen Tanah Air. Meski begitu, mantan kekasih Denny Caknan ini tetap menikmati liburannya dengan caranya sendiri.

Buat kamu yang masih penasaran dengan kisah perjalanan Happy Asmara di dunia hiburan Tanah Air, berikut profil dan biodata Happy Asmara, lengkap!

Profil Happy Asmara

Nama asli Happy Asmara adalah Heppy Rismanda Hendranata. Lahir di Kediri, 10 Juli 1999, The Queen of Broken Heart ini merupakan sulung dari empat bersaudara. Sang ayah berdarah Jawa-Manado Hendro Siswantoro dan ibu Happy Asmara berdarah Jawa Dwi Yuslianti.

Adik-adik dari gadis berzodiak Cancer ini bernama Riang Cahya Fortuna dan Alexio Bertrand Alvaro, sementara, ada adiknya yang mengidap autis, namun telah meninggal dunia akibat penyakit tetanus. Agama Happy Asmara dan keluarganya adalah Islam.

Happy pernah menempuh pendidikan di SMP Negeri 2 Kras dan kemudian melanjut ke SMA Negeri 1 Kandat, di kampong halamannya, Jawa Timur. Tak berhenti sampai disitu, pelantun lagu “Rungkad” tersebut kembali melanjutkan studi di Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) di Kota Kediri, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Namun kuliahnya terhenti lantaran dirinya yang sibuk mengejar karir.

Sebelum akhirnya menjadi seorang penyanyi dangdut seperti sekarang ini, Happy pertama sekali meniti karir menjadi seorang model di sebuah majalah anak-anak lokal di Jawa Timur pada tahun 2009. Ketika duduk dibangku sekolah menengah pertama, dia mulai merambah dunia tarik suara dan tampil bernyanyi dari panggung ke panggung. Bahkan dia juga pernah tampil sebagai sinden dalam pagelaran wayang kulit.

Di tahun 2013, gadis cantik ini bergabung dengan salah satu perusahaan rekaman lokal dan menandatangani kontrak kerjasama. Di tahun berikutnya, ia memutuskan bergabung dengan beberapa orkes dangdut di kampong halamannya.

Singel debut Happy dirilis pada 1 Januari 2014, yang bertajuk “Sayang 4”. Gadis berzodiak Cancer ini menganut berbagai genre musik, mulai dari dangdut, indie, bahkan pernah menjadi seorang penyanyi rocker.

Untuk mematangkan kemampuan bernyanyinya, Happy memutuskan mengikuti ajang Dangdut D’Academy musim keempat, di Surabaya pada tahun 2016. Sayangnya, Happy gugur sebelum bertarung dikarenakan tidak mengangkat telepon dari pihak penyelenggara yang berniat memberi informasi perihal dirinya yang terpilih untuk ikut berkompetisi di Jakarta.

Meski bergitu, Happy Asmara tetap mengembangkan karirnya hingga meraih kepopuleran besar pasca perilisan singel hit pertamanya yang berjudul "Tak Ikhlasno" pada tahun 2019. Dan di tahun yang sama, dirinya juga kembali merilis singel yang bertajuk “Dalan Liyane”.

Tak sampai disitu, Happy juga merambah dunia akting. Pada tahun 2019, dia membintangi film pendek-parodi bertajuk KKN di Desa Penari (Ballet) dengan peran Widya yang diadaptasi dari novel KKN di Desa Penari karya SimpleMan.

Berbanding terbalik dengan karirnya yang mulus, kisah asmara Happy tak semulus yang dibayangkan. Denny Caknan Happy Asmara pernah menjalin hubungan di tahun 2020. Namun, kisah asmara keduanya kandas ditengah jalan pada tahun 2022. Denny Caknan memutuskan mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi seorang model cantic bernama Bella Bonita.

Biodata Happy Asmara

Nama Asli: Heppy Rismanda Hendranata
Nama Panggung: Happy Asmara
Gelar: The Queen of Broken Heart (The Queen of Ambyar)
Tempat, Tanggal Lahir: Kediri, 10 Juli 1999
Zodiak: Cancer
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Pekerjaan: Penyanyi-penulis lagu, pemeran, personaliti televisi, pembawa acara, pengusaha
Tahun aktif: 2013 – sekarang
Orang tua: Hendro Siswantoro (Ayah) dan Dwi Yuslianti (Ibu)
Saudara: Riang Cahya Fortuna dan Alexio Bertrand Alvaro
Instagram: @happy_asmara77
YouTube: Happy Asmara Music

Album

2019: Samudra Record Live
2020: Pingin Sayang, Happy Asmara Terbaik
2022: Bikin Happy, Dangdut Terbaik Happy Asmara

Album Kompilasi

2016: Dangdut Super Hero
2017: Spesial Melancolis, New Arista Bintang Nusantara Vol.2
2019: Goyang Asik, The Best OM KLASIKA Vol.1, The Best OM KLASIKA Vol.2
2020: Vita Happy, Pakeliran (Live)
2021: Pop Nusantara

Singel

2019: Salah, Tak Ikhlasno, Balik Kanan Wae, Ojo Geton
2020: Kebal Kelaran, Sampun Lilo, Bahagiamu, Iri Bilang Boss, Wes Tatas, Purik
2021: Ojo Dadi Pecundang, Tak Warahi Carane, Siji Wektu
2022: Cukup, Tukangku Sayang, Tanpo Aku
2023: Suwun Lorone, Kembang Wangi, Shopee Maszeh, Apik

Kolaborasi

2020: "Bisane Mung Nyawang" "Sotya" (Eny Sagita), "Ra Bakal Keganti" (Dwi Putra), "Ati Dudu Wesi" (Didi Kempot), "Getun Mburi" (Denny Caknan), "Dungo" (Cak Percil), "Pepujaning Ati" (Staso Prasetyo), "Bertepuk Sebelah Tangan" (Gamma1), "Aku Sing Berjuang Kowe Sing Disayang" (Pakle, RPH, Ndarboy Genk, dan Pendhoza), "Ojo Di Getuni" (Mahesa Ofki), "Cemburu" (Lenk)

2021: "Diungkit-ungkit"    (Vichi Mahardica), "Satru" (Denny Caknan), "Hayu Gasken Ah" (Putih Abu-Abu)

2022: “Ini Rindu” (DEWA 19), “Tepung Kkanji 2” (James AP)

2023: “Aku Happy” (Vicky Prasetyo dan Dodit Mulyanto)

Filmografi

Film Pendek

2019: KKN di Desa Penari (Ballet)

Serial Web

2021: Srintil Mencari  Cinta

Acara Televisi

2020: The Next Didi Kempot

2021: Sahurnya Pesbukers, Bintang Pantura (musim 6), Juragan

2022: Dahsyatnya 2022, Festival Ramadha, Fantastic Duo Indonesia, Via & Chevra Ever After Pengajian, Dahsyatnya Launching Preman Pensiun 6, I Love RCTI 33 Bandung, Kilau Konser Farel Prayoga, Dahsyatnya HUT TNI AL, The Singing Bee Indonesia

2023: Dahsyat Weekend Sore, D'Koplo, Dahsyat 15timewa, Ramadan Itu Berkah, Kontes Ambyar Indonesia, Dahsyatnya Awards 2023, D'Academy Asia

2024: D’Academy

Penghargaan

2020: Anugerah Dangdut  Indonesia
2021: Ambyar Awards, Anugerah Musik Indonesia, Anugerah Dangdut Indonesia
2022: SCTV Music Awards, Ambyar Awards, Video Content Creator Awards, FUNTASIX: IDE's 6th Anniversary
2023: Ambyar Awards