BMS-MINYAK – Sebelum akhirnya menjadi teman duet dan istri dari musisi kondang, Anang Hermansyah, Ashanty pernah memiliki album yang rilis di tahun 2009 yang bertajuk Ashanty. Beberapa lagu dari album tersebut menjadi lagu andalan ibu 2 anak ini. Lagu tersebut berjudul Dulu dan Aku Ingin Kamu, Kamu Ingin Dia.

Berkat lagu tersebut, namanya mulai dikenal dan kemuadian memutuskan berduet dengan Anang Hermansyah yang saat itu masih berstatus duda dua anak. Keduanya melantunkan lagu Jodohku (2011), seakan mengibaratkan merekalah yang berjodoh. Dan pada akhirnya mereka pun benar-benar menikah.

Masih banyak yang belum mengenal sosok ibu sambung Aurel dan Azriel Hermansyah ini dari awal kemunculannya. Berikut telah dirangkum profil dan biodata Ashanty dengan lengkap.

Profil Ashanty

Artis sekaligus penyanyi berkebangsaan Indonesia, Ashanty memiliki nama lengkap Ashanty Siddik Hasnoputro. Lahir di Jakarta, 4 November 1983, ia merupakan bungsu dari lima bersaudara dari pasangan Soejahjo Hasnoputro dan almh. Faridah Sidik.

Diketahui dirinya merupakan keturunan Jawa, dari sang ayah dan Prancis-Arab-Indonesia, dari sang ibu. Ibu dua anak ini memiliki seorang kakak perempuan bernama Mia, dan ketiga kakak laki-lakinya, yaitu Yusuf Khyber Hasnoputro, Hambali Samudra dan Gangsar Sambodo. Ternyata Ashanty adalah adik ipar dari penyanyi dangdut Liza Natalia. Agama Ashanty dan keluarga besarmya adalah Islam.

Meski aktif di dunia tarik suara, wanita berzodiak Scorpio ini tidak mengesampingkan pendidikannya. Bahkan saat ini dirinya sudah menyandang gelar Master di bidang Manajemen Bisnis.

Pada 2001, Ashanty berkulian di Universitas Paramadina jurusan Hubungan Internasional dan lulus pada tahun 2005. Tahun berikutnya, ia melanjutkan studi Magister Manajemen di Universitas Bina Nusantara (Binus) dan lulus pada tahun 2017.

Memiliki cita-cita menjadi seorang penyanyi namun ditentang keluarga tak membuatnya patah semangat. Sejalan dengan pendidikannya, Ashanty memulai karir di tahun 2001 dengan mengikuti ajang kontes Abang dan None secara sembunyi-sembunyi. Di ajang tersebut, dirinya terpilih menjadi None Favorit mewakili Jakarta Utara.

Di umur Ashanty yang menginjak 26 tahun, ia memulai debut pertamanya yang dibantu sang teman dengan mempertemukannya dengan Yovie Widianto. Dari situ dia membawakan lagu ciptaan sang musisi kondang yang bertajuk Aku Ingin Kamu, Kamu Ingin Dia.

Tahun 2010, ia bertemu dengan Anang Hermansyah, yang saat ini sudah menjadi suaminya. Tahun berikutnya mereka berduet dengan membawakan lagu yang berjudul Menentukan Hati, Jodohku dan Sumpah Mati.

Kedekatan diantara mereka menumbuhkan benih-benih cinta. Hingga akhirnya Ayah Aurel Hermasyah ini memberanikan diri meminang wanita berdarah Jawa- Prancis-Arab ini. Anang Ashanty resmi menikah pada tanggal 12 Mei 2012.

Ashanty sempat beberapa kali mengalami keguguran karena kondisi tubuhnya, hingga akhirnya dia melahirkan putri pertamanya pada 14 Desember 2014, yang diberi nama Addara Musicia Nurhermansyah atau yang lebih akrab dipanggil Arsy.

Pada tanggal 28 Oktober 2016, anak Ashanty yang kedua lahir dan diberi nama Arsya Akbar Pemuda Hermansyah, dan yang biasa dipanggil Arsya. Seperti yang sudah diketahui bersama, Ashanty juga memiliki 2 anak sambung dari sang suami, bernama Titania Aurelie Nurhermansyah, Azriel Akbar Hermansyah.

Ashanty tidak pernah membeda-bedakan anak sambungnya yang dari Anang Hermansyah dan Krisdayanti. Dia tetap berlaku adil dan memberikan kasih sayang layaknya seorang ibu kepada mereka.

Biodata Ashanty

Nama Lengkap: Ashanty Siddik Hasnoputro
Nama Panggung: Ashanty
Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 4 November 1983
Zodiak: Scorpio
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Pekerjaan: Penyanyi, Aktris, Pengusaha
Tahun aktif: 2009 – sekarang
Pendidikan: Universitas Paramadina, Universitas Bina Nusantara
Orang tua: Soejahjo Hasnoputro (Ayah) dan almh. Faridah Sidik (Ibu)
Saudara: Mia (Kakak Perempuan), Yusuf Khyber Hasnoputro, Hambali Samudra dan Gangsar Sambodo (Kakak Laki-laki)
Saudara Ipar: Liza Natalia
Suami: Anang Hermansyah (2012)
Anak Kandung: Addara Musicia Nurhermansyah (Arsy) dan Arsya Akbar Pemuda Hermansyah (Arsya)
Anak Sambung: Titania Aurelie Nurhermansyah (Aurel) dan Azriel Akbar Hermansyah (Azriel)
Instagram: @ashanty_ash
Threads: @ashanty_ash
TikTok: @ashantyhermansyah
YouTube: The Hermansyah A6

Album

2009: Ashanty
2011: Jodohku

Singel

2011: Salam Ya Ramadhan feat. Aurel Hermansyah
2012: Aku Memilihmu feat. Anang, Kesakitanku
2013: Mengapa Oh Mengapa
2014: Langit Cinta feat. Anang Hermansyah, Anakku feat. Anang Hermansyah
2015: Sangat Berbeda
2016: Bukan Untuk Sembarang Hati feat. Anang Hermansyah
2017: Andai Aku Bisa
2018: Cinta Surga feat. Anang Hermansyah
2019: Luar Biasa feat. Anang Hermansyah
2021: Cinta Tanpa Syarat feat. Anang Hermansyah, Superwoman feat. Titi DJ dan Eka Gustiwana
2022: Tak Hilang Karena Cinta feat. Anang Hermansyah
2023: Bye Mantan

Film

2013: Romantini
2022: Ashiap Man