BMS-MINYAK – TikTok, sebuah platform media sosial yang merajai tren dunia, telah menjadi pusat perhatian bagi banyak orang. Dengan lebih dari miliaran unduhan di seluruh dunia, TikTok bukan hanya tempat untuk berbagi video pendek, tetapi juga lapangan subur bagi peluang bisnis diawal 2024. Salah satu cara yang menarik untuk menghasilkan pendapatan di TikTok adalah melalui program affiliate marketing atau pemasaran afiliasi.

Apa itu TikTok Affiliate? Berapa komisi TikTok Affiliate? Dan bagaimana cara menjadi TikTok Affiliate? Yuk simak artikel berikut.

Apa Itu TikTok Affiliate?

TikTok Affiliate adalah bentuk pemasaran di mana seorang individu atau influencer mempromosikan produk atau layanan tertentu di platform TikTok dan menerima komisi setiap kali ada tindakan tertentu yang diambil oleh pengikutnya melalui tautan afiliasi yang mereka bagikan. Tindakan ini bisa berupa pembelian produk, pendaftaran, atau tindakan lain yang diinginkan oleh perusahaan atau merek yang berkolaborasi dengan affiliate marketer.

Tujuan TikTok Affiliate

Sebagai salah satu platform media sosial yang dapat menghasilkan pendapatan, TikTok Affiliate memiliki beberapa tujuan, seperti berikut ini:

Pengembangan Brand Awareness
TikTok Affiliate Marketing membantu perusahaan meningkatkan kesadaran merek mereka. Dengan bekerjasama dengan influencers atau pemasar afiliasi yang memiliki pengikut besar, perusahaan dapat mencapai audiens yang lebih luas dan memperkenalkan produk atau layanan mereka kepada orang-orang yang mungkin belum menyadarinya sebelumnya.

Peningkatan Penjualan
Tujuan utama dari TikTok Affiliate Marketing adalah mendorong penjualan produk atau layanan. Melalui konten kreatif dan menarik, para pemasar afiliasi berusaha meyakinkan pengikut mereka untuk melakukan pembelian atau tindakan lain yang diinginkan oleh perusahaan.

Optimasi Keterlibatan Pengguna
Program afiliasi di TikTok tidak hanya tentang penjualan tetapi juga tentang membangun keterlibatan pengguna. Dengan menciptakan konten yang menghibur, mendidik, atau memberikan nilai tambah, para pemasar afiliasi dapat meningkatkan interaksi pengguna dengan merek, yang dapat berujung pada konversi jangka panjang.

Peningkatan Kepercayaan Konsumen
Melalui kerjasama dengan pemasar afiliasi yang memiliki reputasi baik, perusahaan dapat memanfaatkan kepercayaan yang sudah dibangun oleh para influencer. Ini membantu dalam membentuk persepsi positif terhadap merek dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Komisi TikTok Affiliate Marketing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, TikTok, sebuah platform media sosial yang dapat memberikan penghasilan tambahan bagi penggunanya dengan cara Affiliate. Berbicara tentang penghasilan, pasti kamu penasaran, bagaimana hitungan komisi TikTok Affiliate marketing tersebut. Berikut ini jawabannya:

1. Struktur Komisi
Setiap program TikTok Affiliate memiliki struktur komisi yang berbeda-beda. Beberapa program mungkin menawarkan komisi berdasarkan persentase dari nilai transaksi, sementara yang lain mungkin memberikan pembayaran tetap. Penting untuk memahami dengan jelas bagaimana struktur komisi tersebut dirancang agar dapat mengukur potensi penghasilan.

2. Komisi Persentase
Dalam banyak program afiliasi TikTok, komisi dihitung sebagai persentase dari total nilai transaksi yang dihasilkan melalui tautan afiliasi. Persentase ini dapat bervariasi, dan seringkali semakin tinggi nilai transaksi, semakin besar pula persentase komisi yang diterima.

3. Komisi Per Tindakan
Beberapa program TikTok Affiliate juga memberikan komisi untuk tindakan-tindakan tertentu yang diambil oleh pengguna setelah mengklik tautan afiliasi. Ini bisa mencakup pendaftaran, mengunduh aplikasi, atau tindakan lain yang diinginkan oleh perusahaan atau merek pemberi program afiliasi.

4. Bonus dan Insentif Tambahan
Beberapa program mungkin menawarkan bonus atau insentif tambahan sebagai bentuk penghargaan untuk pemasar afiliasi yang mencapai target tertentu atau menghasilkan volume penjualan yang tinggi. Mempahami potensi bonus ini dapat menjadi motivasi tambahan untuk meningkatkan kinerja.

5. Pelacakan Kinerja
Komisi TikTok Affiliate bergantung pada efektivitas tautan afiliasi dalam menghasilkan tindakan yang diinginkan. Sistem pelacakan yang andal dan akurat sangat penting. Pastikan untuk menggunakan tautan afiliasi yang diberikan dengan benar dan selalu memantau statistik kinerja untuk melihat bagaimana pengguna merespons promosi.

6. Pembayaran Berkala
Program TikTok Affiliate biasanya memiliki jadwal pembayaran tertentu, seperti bulanan atau kuartalan. Pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan pembayaran agar dapat mengatur ekspektasi dengan jelas. Beberapa program mungkin memiliki batas pembayaran minimum yang harus tercapai sebelum dapat menerima komisi.

7. Faktor Pengaruh pada Komisi
Beberapa faktor dapat mempengaruhi besarnya komisi Tiktok Affiliate. Ini termasuk niche atau industri produk, tingkat persaingan, dan kebijakan komisi dari perusahaan atau merek yang terlibat. Pelajari lebih lanjut tentang pasar dan peluang di dalamnya untuk memahami bagaimana dapat mengoptimalkan pendapatan.

8. Promosi yang Berhasil
Untuk meningkatkan potensi komisi, para Tiktok Affiliate perlu mengembangkan strategi promosi yang efektif. Ciptakan konten yang kreatif, relevan, dan menarik untuk menarik perhatian pengguna TikTok. Selain itu, berinteraksi secara aktif dengan pengikut untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan kemungkinan konversi.

9. Optimasi dan Peningkatan
Dengan memahami data analisis kinerja, dapat mengoptimalkan kampanye untuk meningkatkan hasil. Cobalah untuk mencari tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak, dan beradaptasi dengan perubahan dalam perilaku pengguna atau tren pasar.

10. Kepatuhan dan Etika
Penting untuk selalu beroperasi dalam batas kepatuhan dan etika. Pastikan bahwa promosi yang diberikan tidak melanggar aturan atau pedoman yang ditetapkan oleh TikTok atau perusahaan afiliasi. Kepatuhan adalah kunci untuk mempertahankan kemitraan jangka panjang.

Cara Menjadi TikTok Affiliate dan Cara Kerja

Setelah mengetahui banyaknya keuntungan yang bisa di dapat dari platform TikTok, banyak para pengguna yang ingin menjadi seorang TikTok Affiliate untuk menambah penghasilan tanpa harus keluar rumah.

Namun, masih banyak diantar pengguna yang masih bingung bagaimana cara mendaftar TikTok Affiliate, terkhusus di Indonesia. Nah, disini kamu akan diberi arahan yang simpel, agar bisa menjadi seorang TikTok Affiliate yang resmi, sehingga bisa menghasilkan cuan yang banyak.

Berikut cara menjadi TikTok Affiliate dan cara kerja TikTok Affiliate yang resmi!

1. Mendaftar sebagai Pembuat Konten TikTok
Langkah pertama cara menjadi TikTok Affiliate adalah menjadi pembuat konten aktif di TikTok. Kamu perlu memiliki akun TikTok yang aktif dan menunjukkan kreativitas melalui video-videi pendek. Pastikan untuk membangun audiens yang cukup besar agar dapat lebih efektif dalam mempromosikan produk atau layanan melalui pemasaran afiliasi.

2. Mendaftar di Program Afiliasi TikTok
TikTok memiliki kerjasama dengan berbagai perusahaan dan merek yang menawarkan program afiliasi mereka sendiri. Mendaftar di program afiliasi TikTok merupakan langkah selanjutnya. Pastikan untuk membaca dan memahami persyaratan program tersebut sebelum mendaftar.

3. Persyaratan Jumlah Pengikut dan Keterlibatan
Beberapa program TikTok Affiliate mungkin memiliki persyaratan khusus terkait jumlah pengikut dan tingkat keterlibatan pengguna. Misalnya, program tertentu mungkin membutuhkan setidaknya seribu pengikut atau tingkat interaksi tertentu dalam sebulan. Pastikan untuk memenuhi persyaratan ini sebelum mengajukan diri sebagai pemasar afiliasi TikTok.

4. Niche dan Relevansi Konten
Program afiliasi mungkin lebih memilih pemasar yang memiliki konten yang relevan dengan produk atau layanan yang akan dipromosikan. Pastikan konten yang dibuat sesuai dengan niche produk atau layanan yang diminati untuk meningkatkan peluang diterimanya aplikasi.

5. Konten Berkualitas dan Kesesuaian Etika
Cara menjadi Tiktok Affiliate yang sangat penting adalah ber-etika. TikTok dan perusahaan afiliasi mungkin memiliki pedoman etika dan kualitas yang harus diikuti oleh pemasar afiliasi. Pastikan bahwa konten yang dibuat tidak melanggar aturan dan mematuhi standar etika yang ditetapkan. Konten berkualitas dan bersih akan meningkatkan reputasi dan peluang kamu diterima dalam program afiliasi.

6. Keberlanjutan Konten dan Aktivitas
Beberapa program TikTok Affiliate mungkin mengharapkan pemasar untuk tetap aktif dalam membuat konten dan mengikuti kegiatan promosi secara teratur. Ini menciptakan hubungan yang lebih berkelanjutan dan dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang.

7. Kepatuhan Terhadap Aturan TikTok
Pastikan untuk selalu beroperasi dalam batas kepatuhan aturan TikTok. Pelanggaran aturan TikTok dapat berakibat pada pembatasan akun atau bahkan dikeluarkan dari program afiliasi. Penting untuk terus memahami dan mematuhi pedoman TikTok.

8. Memahami Struktur Komisi
Sebelum mendaftar, pahami dengan jelas struktur komisi Tiktok Affiliate yang ditawarkan oleh program afiliasi. Ketahui apakah komisi diberikan berdasarkan persentase penjualan, tindakan tertentu, atau struktur lainnya. Ini akan membantu mengukur potensi penghasilan.

9. Proaktif dalam Komunikasi
Menjadi proaktif dalam berkomunikasi dengan program afiliasi dan perusahaan yang terlibat merupakan cara menjadi Tiktok Affiliate yang penting. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan afiliasi. Keterbukaan dan komunikasi yang baik dapat meningkatkan hubungan kamu dengan program afiliasi.

10. Evaluasi dan Tingkatkan
Cara menjadi Tiktok Affiliate yang terakhir ialah selalu evaluasi dan meningkat. Setelah kamu diterima sebagai pemasar afiliasi TikTok, teruslah mengevaluasi dan meningkatkan kinerja. Pantau statistik kinerja, pelajari dari setiap kampanye, dan terapkan pembelajaran tersebut untuk mengoptimalkan strategi pemasaran kamu.

Cara Mendaftar Tiktok Affiliate

  • Siapkan Akun TikTok Kamu: Pastikan bahwa kamu sudah memiliki akun TikTok yang aktif dan dapat diakses. Jika belum memiliki akun, buat satu akun TikTok atau gunakan akun yang sudah ada.
  • Buat dan Kembangkan Konten: Sebelum mendaftar sebagai pemasar afiliasi, pastikan sudah memiliki konten yang berkualitas dan menarik di akun TikTok pribadi. Pemasar afiliasi yang sukses cenderung memiliki audiens yang terlibat, jadi pastikan untuk terus mengembangkan konten yang relevan dengan minat pengikut kamu.
  • Pilih Program Afiliasi TikTok: Identifikasi perusahaan atau merek yang menawarkan program afiliasi di TikTok. Program-program ini dapat bervariasi, jadi pilihlah yang sesuai dengan niche dan minat kamu. Banyak perusahaan memiliki halaman khusus di situs web mereka yang menjelaskan detail program afiliasi mereka.
  • Baca dan Pahami Persyaratan Program: Sebelum mendaftar, baca dengan seksama semua persyaratan program afiliasi. Persyaratan ini dapat mencakup jumlah pengikut minimum, jenis konten yang diharapkan, dan ketentuan lainnya. Pastikan untuk memahami dan dapat memenuhi semua persyaratan tersebut sebelum melanjutkan.
  • Kunjungi Situs Web Program Afiliasi: Setelah memilih program afiliasi yang ingin diikuti, kunjungi situs web resmi mereka. Di situs web ini, kamu akan menemukan informasi lebih lanjut tentang program, persyaratan pendaftaran, dan panduan penggunaan.
  • Navigasi ke Halaman Pendaftaran: Biasanya, program afiliasi memiliki halaman pendaftaran yang terpisah. Navigasikan ke halaman ini dan cari formulir pendaftaran atau petunjuk langkah demi langkah untuk mendaftar.
  • Isi Formulir Pendaftaran: Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang benar dan lengkap. Kamu mungkin diminta untuk menyediakan detail akun TikTok pribadi, informasi kontak, dan informasi lainnya yang relevan. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat untuk memastikan kelancaran proses pendaftaran.
  • Tautkan Akun TikTok: Beberapa program afiliasi mungkin meminta kamu untuk mengonfirmasi kepemilikan akun TikTok kamu. Ini dapat melibatkan tautan akun atau memberikan izin akses tertentu.
  • Tinjau dan Setujui Ketentuan Program: Sebelum menyelesaikan pendaftaran, tinjau kembali semua ketentuan program afiliasi. Pastikan kamu sudah memahami dan setuju dengan semua persyaratan sebelum melanjutkan.
  • Kirim Pendaftaran: Setelah formulir pendaftaran diisi dengan benar dan telah meninjau semua informasi, kirim pendaftaran. Beberapa program mungkin memerlukan waktu untuk meninjau aplikasi, jadi bersabarlah selama proses ini.
  • Pantau Status Pendaftaran: Setelah mengirimkan pendaftaran, pantau statusnya. Beberapa program afiliasi akan memberikan notifikasi melalui email atau melalui platform mereka sendiri. Pastikan untuk memeriksa status pendaftaran secara teratur.
  • Mulai Promosikan Produk atau Layanan: Jika pendaftaran diditerima, kamu sudah dapat mulai mempromosikan produk atau layanan melalui tautan afiliasi yang diberikan oleh program. Ciptakan konten yang menarik dan relevan untuk meningkatkan peluang konversi.