BMS-MINYAK - Dalam dunia media sosial, terkadang pengguna merasa perlu untuk menghapus akun Instagram mereka, baik itu secara sementara maupun permanen. Bagi yang ingin menonaktifkan akun untuk sementara waktu atau bahkan menghapusnya secara permanen, proses ini dapat dilakukan dengan mudah melalui perangkat Android atau iPhone.

Artikel ini akan membahas langkah-langkah rinci tentang cara menghapus akun Instagram sementara dan permanen, baik untuk pengguna Android maupun iPhone.

Cara Menghapus Akun Instagram Sementara

Langkah-langkah untuk menonaktifkan akun Instagram sementara melalui situs web adalah sebagai berikut:

  1. Login ke Akun Instagram: Buka peramban web di perangkat seluler atau laptop Anda dan login ke akun Instagram.
  2. Akses Profil: Klik ikon profil yang terletak di pojok kanan atas layar dan pilih opsi "Profil" dari menu yang muncul.
  3. Edit Profil: Setelah masuk ke halaman profil, klik "Edit Profil".
  4. Nonaktifkan Sementara: Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Nonaktifkan sementara akun saya" di bagian sebelah kanan. Klik opsi tersebut.
  5. Isi Alasan dan Konfirmasi: Sertakan alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan akun dan masukkan kembali kata sandi akun Anda.
  6. Nonaktifkan Akun: Terakhir, klik "Temporarily Disable Account" atau "Nonaktifkan akun sementara" untuk menonaktifkan akun Anda sementara waktu.

Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Jika Anda memutuskan untuk menghapus akun Instagram secara permanen, harap dicatat bahwa tindakan ini tidak dapat dibatalkan dan semua data akan hilang secara permanen. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Akses Situs Web: Buka situs web Instagram melalui peramban web di perangkat seluler atau komputer Anda dan login ke akun Anda.
  2. Kunjungi Halaman Penghapusan: Setelah login, kunjungi tautan berikut: www.instagram.com/accounts/remove/permanent/.
  3. Isi Alasan dan Konfirmasi: Sertakan alasan mengapa Anda ingin menghapus akun secara permanen dan masukkan kata sandi akun Anda.
  4. Hapus Akun: Terakhir, klik "Delete username" atau "Hapus Akun Saya" untuk mengonfirmasi penghapusan akun secara permanen.

Cara Menghapus Akun Instagram Jika Lupa Kata Sandi

Jika Anda lupa kata sandi akun Instagram Anda, Anda masih bisa menghapus akun dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Atur Ulang Kata Sandi: Pertama-tama, atur ulang kata sandi akun Instagram Anda dengan mengikuti prosedur yang ada.
  2. Login Kembali: Setelah berhasil mereset kata sandi, login kembali ke akun Instagram dengan password baru yang telah Anda atur ulang.
  3. Ajukan Permohonan Penghapusan: Setelah login, akses Pusat Bantuan Instagram dan pilih opsi "Hapus Akun". Ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengajukan permohonan penghapusan akun.

Cara Menghapus Akun Instagram di iPhone

Bagi pengguna iPhone, berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus akun Instagram:

  1. Buka Aplikasi Instagram: Buka aplikasi Instagram di perangkat iPhone Anda dan login ke akun Anda.
  2. Akses Pengaturan: Kunjungi Halaman Profil Anda dan ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar. Pilih opsi "Pengaturan" dan kemudian "Bantuan Instagram".
  3. Hapus Akun: Di halaman "Bantuan Instagram", pilih opsi "Akun" dan ketuk "Menghapus Akun Saya". Pilih alasan penghapusan akun Anda dan masukkan kata sandi untuk mengonfirmasi penghapusan akun secara permanen.

Cara Menghapus Akun Instagram di Android

Pengguna Android juga dapat menghapus akun Instagram dengan langkah-langkah berikut:

  1. Akses Akun Instagram: Buka aplikasi Instagram di ponsel Android Anda dan login ke akun Anda.
  2. Buka Pengaturan: Ketuk ikon profil dan pilih opsi 'Pengaturan'. Selanjutnya, pilih 'Bantuan' dan 'Kelola Akun Anda'.
  3. Hapus Akun: Pilih opsi "Hapus Akun Anda" dan ikuti petunjuk untuk mengajukan permohonan penghapusan akun.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah menghapus akun Instagram Anda, baik itu hanya untuk sementara atau secara permanen. Sebelum mengambil langkah ini, pastikan untuk mempertimbangkan konsekuensi dan alternatif yang mungkin, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda.