BMS-MINYAK – Di era digital yang terus berkembang, platform media sosial bukan hanya tempat untuk berbagi momen dan koneksi dengan teman, tetapi juga menjadi pusat perhatian untuk aktivitas bisnis. Salah satu platform yang memainkan peran penting dalam mengubah dinamika ini adalah TikTok. Awalnya dikenal sebagai platform untuk berbagi video pendek dan kreatif, TikTok kini juga memasuki ranah e-commerce melalui TikTok Shop.

TikTok Shop tidak hanya menjadi tempat untuk membeli produk, tetapi juga menciptakan pengalaman belanja yang interaktif dan sosial. Pengguna dapat menemukan berbagai produk dari berbagai kategori, termasuk fashion, kecantikan, teknologi, dan banyak lagi. Fitur unik TikTok seperti video pendek dan livestream digunakan oleh penjual untuk mempromosikan produk mereka dengan cara yang menarik.

Selain itu, TikTok Shop juga menawarkan fitur-fitur seperti "TikTok Picks" yang membantu pengguna menemukan produk terpopuler dan tren di platform. Para pengguna dapat melihat ulasan dan rekomendasi dari kreator TikTok yang dihormati, memungkinkan mereka membuat keputusan pembelian yang lebih informan.

Suksesnya TikTok Shop di era sekarang membuat beberapa pelaku bisnis beralih ke platform yang satu ini untuk memasarkan produk mereka. Akan tetapi, masih saja ada yang belum bisa daftar TikTok Shop, dikarenakan minimnya info yang didapat.

Namun tak perlu khawatir, disini kamu akan diberi langkah-langkah cara daftar TikTok Shop, hingga cara membuat TikTok Shop. Yuk simak terus artikel ini!

Cara Daftar TikTok Shop dan Cara Membuat TikTok Shop

Cara Daftar TikTok Shop

1. Memenuhi Persyaratan Awal
Sebelum daftar TikTok Shop, pastikan kamu memenuhi persyaratan awal yang diberlakukan oleh TikTok. Ini termasuk memiliki akun TikTok yang sudah mapan, dan pastikan akun kamu memiliki jumlah pengikut yang memadai.

2. Perbarui Aplikasi TikTok
Pastikan kamu sudah memiliki versi terbaru aplikasi TikTok di perangkat kamu. TikTok Shop mungkin memerlukan pembaruan khusus yang harus diunduh, jadi bersabar sebentar.

3. Navigasi ke Pengaturan Akun
Buka aplikasi TikTok dan pergi ke pengaturan akun kamu. Di sana, kamu akan menemukan opsi terkait TikTok Shop atau "Toko Saya."

4. Isi Informasi Bisnis
Proses pendaftaran akan meminta kamu untuk mengisi informasi bisnis kamu. Termasuk nama bisnis, alamat, dan kontak. Pastikan informasi ini akurat dan lengkap.

5. Verifikasi dan Persetujuan
Setelah mengisi informasi, kamu mungkin perlu melewati proses verifikasi dan menunggu persetujuan dari TikTok. Pastikan kamu sudah mengikuti langkah-langkah yang diberikan dan menunggu pemberitahuan dari platform.

6. Aktifkan TikTok Shop
Setelah mendapatkan persetujuan, kamu dapat mengaktifkan TikTok Shop melalui pengaturan akun kamu. Ini akan membuka pintu untuk membuat toko online milikmu.

Cara Membuat TikTok Shop

1. Pilih Nama Toko yang Menarik
Langkah pertama dalam membuat toko online di TikTok Shop adalah memilih nama yang menarik dan mudah diingat. Pastikan nama tersebut mencerminkan jenis produk atau layanan yang akan ditawarkan.

2. Atur Tampilan Toko
Pilih tema dan tata letak yang mencerminkan merek kamu. Kamu dapat menyesuaikan warna, font, dan gambar latar belakang untuk memberikan tampilan yang konsisten dengan identitas merek.

3. Tambahkan Produk
Mulailah menambahkan produk ke toko kamu. Unggah gambar berkualitas tinggi, deskripsi yang menarik, dan tentukan harga dengan bijak. Jangan lupa menetapkan stok produk jika diperlukan.

4. Gunakan Fitur Desain Kreatif
TikTok Shop memungkinkan kamu menggunakan fitur desain kreatif seperti video pendek atau konten interaktif untuk mempromosikan produk kamu. Manfaatkan fitur ini untuk menonjol di antara pesaing.

5. Tetapkan Metode Pembayaran
Pilih metode pembayaran yang memudahkan pelangganmu. TikTok Shop umumnya mendukung berbagai metode pembayaran, termasuk kartu kredit, e-wallet, Cash On Delivery (COD) dan lainnya.

6. Luncurkan Toko
Setelah semuanya siap, luncurkan toko kamu ke publik. Bagikan tautan toko kamu melalui akun TikTok dan platform media sosial lainnya untuk meningkatkan visibilitas.