BMS-MINYAK – Dalam era digital seperti sekarang, berbagai platform e-commerce telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu platform e-commerce yang kian populer adalah Shopee. Shopee tidak hanya menjadi destinasi belanja online, tetapi juga membuka peluang bisnis bagi individu yang ingin menghasilkan pendapatan tambahan melalui program afiliasi mereka.

Bagaimana cara daftar shopee affiliate? Sebelum dilanjut, kamu harus tahu dulu apa itu shopee affiliate, tipe kemitraannya, hingga komisi yang bisa kamu dapat dari platform tersebut.

Apa Itu Shopee Affiliate?

Shopee Affiliate adalah program kemitraan yang memungkinkan individu atau penerbit online untuk mempromosikan produk-produk yang terdapat di Shopee dan mendapatkan komisi atas setiap penjualan yang dihasilkan melalui tautan afiliasi mereka. Program ini memberikan peluang bagi para pemasar digital, blogger, dan pemilik situs web untuk menghasilkan pendapatan tanpa harus memiliki produk sendiri.

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

1. Kemitraan Dasar

Kemitraan dasar adalah tingkat awal dalam program Shopee Affiliate. Afiliasi yang baru bergabung akan memulai dari tingkat ini. Dalam kemitraan ini, afiliasi dapat mengakses tautan afiliasi, spanduk iklan, dan alat pemasaran dasar lainnya. Meskipun komisi pada tingkat ini mungkin tidak sebesar tingkat kemitraan yang lebih tinggi, ini memberikan peluang bagi pemula untuk memahami dasar-dasar program.

2. Kemitraan Level Menengah

Ketika afiliasi berhasil meningkatkan kinerjanya dan mencapai target tertentu, mereka dapat naik ke tingkat kemitraan yang lebih tinggi. Pada tingkat ini, afiliasi mungkin mendapatkan akses ke lebih banyak alat pemasaran yang canggih, termasuk pemantauan kinerja yang lebih rinci dan bahan promosi eksklusif. Komisi pada tingkat ini juga dapat meningkat seiring dengan peningkatan kinerja afiliasi.

3. Kemitraan Premium atau VIP

Bagi afiliasi yang secara konsisten memberikan kinerja yang luar biasa, Shopee menyediakan tingkat kemitraan premium atau VIP. Tingkat ini memberikan akses ke manfaat eksklusif, seperti dukungan pelanggan prioritas, penawaran khusus, dan komisi yang lebih tinggi. Afiliasi premium atau VIP juga mungkin memiliki peluang untuk berpartisipasi dalam acara eksklusif atau kampanye pemasaran khusus.

4. Kemitraan Khusus Berdasarkan Niche

Shopee juga dapat menawarkan kemitraan khusus berdasarkan niche tertentu. Misalnya, jika seorang afiliasi berfokus pada niche produk tertentu seperti fashion, teknologi, atau kecantikan, Shopee dapat menawarkan kemitraan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat afiliasi tersebut. Ini memungkinkan afiliasi untuk lebih fokus dan mengoptimalkan promosi mereka.

5. Kemitraan Dengan Influencer atau Tokoh Terkenal

Untuk individu yang memiliki pengaruh besar di media sosial atau di industri tertentu, Shopee dapat menjalin kemitraan khusus. Ini mungkin melibatkan persyaratan khusus dan memberikan manfaat eksklusif yang sesuai dengan profil dan pengaruh afiliasi tersebut. Kemitraan dengan influencer dapat memberikan dampak besar terhadap pemasaran produk dan meningkatkan visibilitas Shopee secara keseluruhan.

Komisi Shopee Affiliate

Shopee menawarkan komisi yang menarik untuk setiap transaksi yang dihasilkan melalui tautan afiliasi. Komisi ini bisa bervariasi tergantung pada jenis produk dan jumlah penjualan, seperti berikut ini:

1. Komisi Berdasarkan Kategori Produk

Komisi yang diterima oleh seorang Shopee Affiliate dapat bervariasi tergantung pada kategori produk yang dipromosikan. Beberapa kategori produk mungkin memiliki komisi yang lebih tinggi daripada yang lain. Misalnya, produk elektronik atau gadget mungkin memiliki komisi yang lebih besar dibandingkan dengan produk kecantikan atau fashion. Oleh karena itu, penting bagi afiliasi untuk memahami struktur komisi berdasarkan kategori produk yang mereka pilih.

2. Tingkatan Kemitraan

Sebagai bagian dari program Shopee Affiliate, afiliasi dapat mencapai tingkatan kemitraan yang berbeda, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Tingkatan kemitraan ini dapat memengaruhi besarnya komisi yang diterima. Afiliasi dengan tingkatan kemitraan yang lebih tinggi mungkin mendapatkan komisi yang lebih besar dibandingkan dengan tingkatan yang lebih rendah.

3. Program Promosi Khusus

Shopee kadang-kadang meluncurkan program promosi khusus atau kampanye tertentu yang memberikan peluang untuk mendapatkan komisi tambahan. Misalnya, program diskon besar-besaran atau penawaran khusus untuk produk tertentu dapat memberikan afiliasi kesempatan untuk mendapatkan komisi ekstra.

4. Jumlah Penjualan yang Dihasilkan

Penting untuk diingat bahwa komisi Shopee Affiliate umumnya terkait langsung dengan jumlah penjualan yang dihasilkan melalui tautan afiliasi. Semakin banyak penjualan yang dihasilkan, semakin besar komisi yang dapat diterima oleh afiliasi. Oleh karena itu, upaya pemasaran yang efektif dan strategi promosi yang baik dapat berkontribusi secara langsung pada penghasilan afiliasi.

5. Pembayaran dan Kebijakan Komisi

Shopee memiliki kebijakan pembayaran dan komisi yang jelas yang diterapkan pada program afiliasi mereka. Biasanya, komisi dibayarkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dan afiliasi dapat memantau pendapatan mereka melalui dashboard afiliasi Shopee.

Cara Daftar Shopee Affiliate

Untuk bergabung dengan program Shopee Affiliate, ada beberapa langkah mudah yang harus kamu perhatikan. Berikut cara daftar Shopee Affiliate:

1. Buka Halaman Shopee Affiliate

Langkah pertama adalah membuka halaman resmi Shopee Affiliate. Kamu dapat mengaksesnya melalui browser web favorit kamu dengan mengetikkan "Shopee Affiliate Indonesia" atau dengan mencari langsung di mesin pencarian.

2. Pilih Opsi "Daftar" atau "Bergabung"

Setelah berada di halaman utama Shopee Affiliate, cari opsi yang menyatakan "Daftar" atau "Bergabung." Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian atas atau bawah halaman. Klik pada opsi tersebut untuk memulai proses pendaftaran.

3. Isi Formulir Pendaftaran

Kamu akan diarahkan ke formulir pendaftaran yang perlu diisi. Formulir ini biasanya mencakup informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan informasi lain yang diperlukan. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan valid.

4. Setujui Syarat dan Ketentuan

Sebelum melanjutkan, Shopee akan menampilkan syarat dan ketentuan penggunaan program afiliasi mereka. Bacalah dengan seksama dan pastikan kamu memahami semua ketentuan yang terkait dengan partisipasi dalam program ini. Setelah membaca, tandai kotak persetujuan dan lanjutkan.

5. Konfirmasi Email atau Nomor Telepon

Setelah mengisi formulir pendaftaran, Shopee mungkin meminta kamu untuk melakukan konfirmasi melalui email atau nomor telepon yang sudah diberikan. Pastikan untuk memeriksa email kamu dan mengikuti langkah-langkah konfirmasi yang diberikan.

6. Akses ke Akun Afiliasi

Setelah konfirmasi berhasil, kamu akan diberikan akses ke akun afiliasimu. Di sini, kamu dapat mengelola informasi akun, mendapatkan tautan afiliasi, dan mengakses berbagai alat pemasaran yang disediakan oleh Shopee.

7. Pilih Produk untuk Dipromosikan

Setelah masuk ke akun afiliasi, kamu dapat memilih produk-produk Shopee yang ingin dipromosikan. Shopee menyediakan berbagai kategori produk, memungkinkan kamu untuk memilih produk yang sesuai dengan audiens targetmu.

8. Dapatkan Tautan Afiliasi Kamu

Setelah memilih produk, Shopee akan memberikan tautan afiliasi yang unik untuk setiap produk tersebut. Gunakan tautan ini dalam konten kamu, seperti artikel blog, media sosial, atau saluran YouTube, agar Shopee dapat melacak penjualan yang berasal dari tautan kamu.

9. Pantau Kinerja dan Dapatkan Komisi

Kamu dapat menggunakan dashboard afiliasi Shopee untuk memantau kinerja tautan afiliasi kamu. Lihat jumlah klik, konversi, dan komisi yang dihasilkan. Pembayaran komisi biasanya dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Shopee.

Syarat Menjadi Seorang Shopee Affiliate

Meski kamu sudah memahami cara daftar shopee affiliate yang simpel, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menjadi seorang Shopee Affiliate. Berikut beberapa syarat menjadi seorang Shopee Affiliate.

1. Memiliki Akun Shopee yang Aktif

Syarat pertama untuk menjadi Shopee Affiliate adalah memiliki akun Shopee yang aktif. Jika belum memiliki akun, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu. Pastikan bahwa akun Shopee kamu sudah diverifikasi dan berfungsi dengan baik.

2. Memiliki Media atau Platform Online

Sebagai seorang Shopee Affiliate, kamu perlu memiliki media atau platform online tempat kamu dapat mempromosikan produk Shopee. Ini bisa berupa blog, situs web, saluran YouTube, atau akun media sosial. Platform tersebut harus relevan dengan audiens target kamu.

3. Konten Berkualitas dan Relevan

Shopee cenderung bekerja sama dengan afiliasi yang menghasilkan konten berkualitas dan relevan. Pastikan bahwa platform atau media online kamu menyajikan konten yang menarik, informatif, dan sesuai dengan minat audiens.

4. Mendaftar sebagai Afiliasi

Langkah selanjutnya adalah mendaftar sebagai afiliasi Shopee. Kamu dapat melakukan pendaftaran melalui halaman resmi Shopee Affiliate. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan, seperti nama, alamat email, dan informasi akun Shopee kamu.

5. Menerima Persetujuan dari Shopee

Setelah mengirimkan formulir pendaftaran, tim Shopee Affiliate akan meninjau aplikasi kamu. Jika aplikasi disetujui, kamu akan menerima pemberitahuan melalui email atau melalui platform yang digunakan untuk mendaftar.